PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM KAMPUNG IKLIM DI RW. 10, KELURAHAN CIBUBUR, KECAMATAN CIRACAS, JAKARTA TIMUR
Keywords:
Program Kampung Iklim, Pendidikan Formal, Partisipasi MasyarakatAbstract
Perubahan iklim adalah masalah dunia yang disebabkan oleh tindakan manusia, termasuk penggunaan energi fosil, penebangan hutan secara masif, serta sistem pengolahan limbah yang tidak efektif. Dibandingkan negara maju, Indonesia sebagai negara berkembang memiliki kerentanan lebih tinggi terhadap konsekuensi dari pemanasan global. Untuk mengurangi dampak tersebut, pemerintah meluncurkan Program Kampung Iklim (Proklim) yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dan keterlibatan aktif dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Penelitian ini berfokus pada Proklim di RW 10, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, yang menunjukkan adanya perbedaan tingkat partisipasi masyarakat antar RT. Penelitian ini berupaya mengidentifikasi korelasi antara tingkat pendidikan masyarakat dengan tingkat keikutsertaan mereka dalam program Proklim di RW 10 Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, yang menekankan pada analisis data numerik dengan teknik statistika untuk menguji hubungan antara tingkat pendidikan formal dengan partisipasi masyarakat. Data dikumpulkan dari sampel yang representatif, dianalisis menggunakan uji statistik inferensial untuk menentukan signifikansi hubungan kedua variabel. Berdasarkan pengujian terhadap hipotesis, menunjukkan bahwa tingkat pendidikan formal memiliki pengaruh signifikan terhadap partisipasi masyarakat dalam Proklim, sebagaimana dibuktikan oleh nilai t-Sig sebesar 0,000 (p-value < 0,05). Selain itu, analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa 81,2% variasi partisipasi masyarakat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan formal. Kesimpulannya, Faktor pendidikan formal menunjukkan pengaruh yang cukup besar dalam menentukan sejauh mana masyarakat berpartisipasi dalam inisiatif lingkungan semacam Proklim.
Downloads
References
Auliani, N. R. (2020). Hubungan Antara Sense Of Place masyarakat dan Upaya Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.
Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Cohen, J., & Uphoff, N. (1980). Participation’s place in rural development: Seeking clarity through specificity.
Dyastari, & Letizia, E. (2018). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Badak Kabupaten Kutai Kartanegara. 6(3), 1361–1374.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartati, M., & Hariyono, E. (2020). Efektifitas Pembelajaran Fisika Terintegrasi Dengan Aksi Iklim Pada Prinsip Sdgs (Sustainable Development Goals) Dalam Meningkatakan Karakter Peduli Lingkungan. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 349–355. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p349-355
Heines, A. (2019). Climate change and human health: impacts, vulnerability and public health. Public Health, 120(7), 585–595.
Karl, T. (2020). Modern Global Climate Change. Science, 302(5651).
Kholipah, S. N., Liviyani, L., Maulana, R., & Karwati, L. (2023). Partisipasi Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Program Kampung Iklim (Proklim). Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia.
Menlhk, D. ppi-. (2017). Buku Praktis Proklim. In ??????????????????????????????????????? (Vol. 4, Issue 1). Direktorat Perubahan Iklim.
Nielwaty, E., Meriansari, F., & Hermanto. (2023). Partisipasi Masyarakat Dalam Program Kampung Iklim (Proklim) Studi Pada RW12 Kelurahan Umbansari Kota Pekanbaru. Jurnal Indragiri Penelitian Multidisiplin.
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.84/Menlhk-Setjen/Kum.1/11/2016 Tentang Program Kampung Iklim, Pub. L. No. 84 (2016). https://peraturan.go.id/files/bn1700-2016.pdf
Perdinan. (2019). Perubahan Iklim Dan Demokrasi: Ketersediaan Dan Akses Informasi Iklim, Peranan Pemerintah, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Mendukung Implementasi Adaptasi Perubahan Iklim Di Indonesia. Jurnal Hukum.
Rahmat, M. R., Ismail, & Syarifuddin, H. (2021). Tingkat Pendidikan Terhadap Partisipasi Masyarakat pada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Batu. Praja.
Sagena, U. W., Azizsyah, S. N., Panjaitan, O., Masjaya, M., M., M. H., & Sharifuddin, M. D. K. (2023). Program Triple C (Climate Change Class) Untuk Peningkatan Kesadaran Lingkungan Bagi Anak. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3238. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15756
Saidang, Razak, R., & Ardiansyah. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Terhadap Tingkat Partisipasi dalam Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat di Dusun Massemba Desaleoran Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Jurnal Edukasi Nonformal.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. PEMA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 125–131.
Wangi, D. S., & Muljono, P. (2020). Hubungan Antara Partisipasi Masyarakat Dengan Efektivitas Program Kampung Iklim. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat.