HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMAN 1 SUTERA TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Keywords:
Hasil belajar, Pendidikan Geografi, KebiasaanAbstract
Kebiasaan belajar yang kurang baik seperti kebiasaan siswa jarang untuk mengulangi pelajaran di rumah, siswa yang kurang berkonsentrasi dalam memahami keterangan guru. siswa yang kurang berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku Geografi,siswa yang hanya belajar menjelang ujian saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar pada pembelajaran Geografi Kelas X SMA N 1 Sutera Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitan deskriptif. Populasi dan sampel penelitian ialah siswa kelas X SMA N 1 Sutera tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 87 siswa dengan teknik total sampling serta instrument penelitian yaitu angket sebanyak 59 butir pernyataan. Teknik analisis data ini ialah yaitu menghitung persentase indicator dan sub variabel angket dan juga analisis kolerasi product moment, analisis data dilakukan untuk membandingkan nilai > pada taraf kepercayaan 95% (? = 0,05) dan terakhir menggunakan uji regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai > maka Ha di terima, artinya antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar pada pembelajaran Geografi siswa kelas X memiliki hubunga signifikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa adanya terdapat signifikan terhadap kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran Geografi kelas X SMA N 1 Sutera Tahun pelajaran 2024/2025.